Posted by : Unknown Friday 28 June 2013

Robot Helikopter RC terbang Dengan Kendali Pikiran

Helikopter dengan baling-baling empat (quadcopter) dan desain futuristic sering kita jumpai di film-film perang antar planet atau film yang mengusung masa depan. Kini itu sudah ada yang menciptakan, bahkan untuk mengendalikannya menggunakan kekuatan pikiran kita. Namun, ini merupakan Helikopter RC, bukan helikopter sungguhan. Helikopter robot remot kontrol, yang menjadi remot adalah pikiran Anda.

Mungkin Anda sudah sering melihat game dengan kendali pikiran, X-Box dan Nintendo memiliki game semacam ini. Game dengan kekuatan pikiran menerbangkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Ini seperti di film-film, orang-orang memiliki kekuatan super untuk mengendalikan benda-benda yang ada di sekitanya. Ini jugalah yang menjadi dasar dari quadcopter ini. Membuat kita menjadi seperti memiliki kekuatan special menerbangkan Helikopter RC.

Yang meneliti projek ini adalah sebuah tim dari Universitas Minnesota. Mereka mengembangkan quadcopter yang merespon gelombang otak pilotnya. Quadcopter mereka dengan gelombang pikiran pilotnya mampu bergerak lincah di udara.

Helikopter RC ini menggunakan teknologi electroenchepalography (EEG), sebuah topi yang dilengkapi dengan 64 elektroda yang berfungsi untuk membaca impuls listrik dari otak yang berguna untuk mengendalikan helikopter. Misalnya, berfikir untuk membuat kepalan tangan kiri, neuron yang dihasilkan diterjemahkan oleh heli sebagai isyarat untuk berbelok kekiri. Berfikir membuat kepalan tangan kanan diterjemahkan oleh heli sebagai perintah untuk berbelok kekanan. Berfikir membuat dua kepalan tangan memberikan perintah agar helicopter terbang. Saat uji coba melintasi rintangan gymnasium dan perhitungan kecepatan di universitas mereka ada dua orang laki-laki dan tiga orang perempuan yang mampu menyelesaikannya dengan baik dan akurat.

Bin He seorang professor biomedical dan penulis “Quadcopter control in three-dimensional space using a non-invasive motor imagery-based brain-computer interface” berharap temuan ini bisa digunakan untuk penyandang cacat. Jadi tidak ada orang yang cacat fisik seperti tidak memiliki tangan, kaki atau bagian tubuh lain tidak bisa menjadi pilot. Berguna juga untuk para awak kapal yang pernah mengalami kecelakan dan harus kehilangan salah satu bagian tubuhnya tidak bisa bertugas lagi. karena banyak pilot-pilot berbakat di militer yang tidak bisa bertugas karena keterbatasan tubuhnya.

Quadrope ini bukan merupakan robot dengan kendai otak pertama. Sbelumnya juga ada robot berbentuk tangan yang dikendalikan oleh pikiran. Robot ini banyak membantu orang-orang yang lumpuh agar bisa beraktifitas sendiri seperti bila ingin makan, minum, menggaruk atau yang lain. ini juga bisa menjadi dasar militer untuk membangun helicopter sungguhan yang bisa dikendalikan melalui otak pilotnya. Walau memang sulit kelihatannya karena bila dalam ukuran yang besar memiliki resiko yang besar pula. Dan robot helicopter RC ini juga masih dalam perkembangan lagi. Tim sepertinya berusaha agar kendali robot ini lebih mudah dan lebih responsive lagi agar semua orang bisa mengendalikannya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Popular Post

Labels

- Copyright © Konservasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -