Posted by : Unknown Sunday 23 June 2013

Ilmuan robot masih sulit lepas dari kekagumannya akan hewan-hewan yang ada di bumi. Untuk membuat robot terbaru, mereka masih mencontoh hewan-hewan ciptaan tuhan. Robot seperti monyet, ular, atau mamalia berkaki empat yang dikenal dengan sebutan quadruped. Ini terlebih karena kemampuan fisik hewan jauh di atas manusia misalnya, memanjat seperti kera, berlari cepat, menyusup di ruang sempit dan lain sebagainya membuat desain hewan merupakan desain terbaik.

Sampai saat ini DARPA robot penyelamat merupakan robot quadruped tercepat di dunia. Dengan keempat kakinya dia bisa berlari kencang sambil membawa beban di pundaknya. Ini merupakan fungsi robot yang cukup fantastis. Namun, bila robot Cheetah dari MIT Robotic Lab ini berhasil dan seperti yang mereka tunjukkan di YouTube, robot terbaru mereka itu bisa jauh lebih cepat dari robot penyelamat DARPA. Cheetah memapu bergerak dengan kecepatan 13,7 mil/jam atau sekitar 22Km/jam di tempat terbuka dan membawa sumber tenaga sendiri, tim menguji cobanya di padang rumput. Ini suatu kemampuan yang luarbiasa.

Tetapi untuk saat ini Cheetah belum bisa mengimbangi kecepatan robot buatan Boston Dynamic (Robot penyelamat DARPA). Robot Boston Dynamic ini mampu bergerak dengan kecepatan 28,3 mile/jam atau setara dengan 45,5Km/Jam. Ada dua perbedaan antara robot MIT dan Dynamic Boston; yang pertama, desain robot MIT yang mengurangi tekanan pada sendi sehingga membuat gerakannya lebih efesien (ini seperti Kevlar tendon pada kaki yang fungsinya sama dengan tendon aslinya, membantu Cheetah keposisi awal tanpa harus menguras cadangan tenaga elektrik dari robot Cheetah. Secara teori, dengan tendon tersebut Cheetah bisa lebih mengirit tenaganya dalam jumlah besar selama berjalan atau mendapat gangguan saat berjalan. Ini belum bisa dilakukan oleh robot-robot lainnya.

Terobosan kedua adalah, seperti yang bisa Anda saksikan pada slow motion di paruh kedua video, transisi dari berlari kecil ke berlari cepat, sesuatu perubahan yang mengagumkan. Tepat pada 13 mile/jam atau sekitar 20Km/jam, Cheetah melakukan pergantian mulus dari berlari ke berlari seperti meloncat seperti yang dilakukan hewan cheetah normal. Ini seperti transisi antara gigi rendah ke gigi tinggi. Ilmuan MIT benar-benar membuat robot mereka mirip dengan cheetah aslinya. Transis-transisi lari cheetah asli mereka adopsi ke robot mereka.

Sentuhan terakhir, robot Cheetah dibuatkan kepala layaknya seekor cheetah asli. Dikepalanya di masukkan sensor, kamera dan alat pendukung lain untuk kepentingan Cheetah. Berbeda dengan robot penyelamat dari Boston yang tidak memiliki kepala atau kamera. Namun yang membuat orang-orang kagun dengan robot Boston tersebut, dia bisa menyeimbangkan diri bila terkena gangguan. Tim mencoba menendang robot teresebut dan robot berusaha untuk menyeimbangkan diri agar tidak jatuh.

Belum diketahui untuk apa nantinya robot Cheetah ini dibuat. Bila untuk misi penyelamatan, dia tidak diberikan bagian untuk menyimpan barang, dia juga tidak bisa membuka pintu atau membawa korban dari tempat yang berbahay. Ini masih terus dikembangkan oleh MIT sampai saat ini. Silahkan lihat pada video dibawah aksi robot Cheetah buatan MIT.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Popular Post

Labels

- Copyright © Konservasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -